Selasa, 07 Maret 2017

Tradisi Berburu Keong Sawah Usai Panen Padi




Jepara – Saat ini kondisi persawahan di kecamatan Kedung dan Pecangaan habis panen. Sawah uang dulunya menguning padinya kini sudah habis di potong mesin. Beberapa area persawahan mulai menebar bibit padi untuk MT 2.
Sore hari area persawahan ramai dengan datangnya pemburu keong sawah. Mereka datang berombongan dengan membawa plastic lalu terjun ke sawah memunguti keong sawah. Keong sawah ada yang berukuran besar ada juga yang berukuran kecil. Disawah yang masih berair itu banyak keong sehingga area persawahan menjadi ramai.
.
“Kalau yang besar seperti ini namanya Keong tetapi yang kecil-kecil ini namanya besusul,sama enaknya . Bisa dibuat Sate juga bias dibuat rendang. Bahkan juga bias dibuat campuran sayur rasanya enak kenyil-kenyil “, kata Safari warga desa Sowan Lor.
Safuan mengatakan kegiatan berburu keong ini selalu dilakukan warga desa Sowan Lor usai panen padi. Jika padi mulai dipotong maka setiap sore hari warga beramai ramai terjun ke sawah untuk mencari keong sawah. Selain untuk di konsumsi sendiri , banyak pula warga yang menjual keong sawah ini dalam bentuk matang misalnya dibuat sate keong.
.
Rasanya yang enak membuat warga ketagihan untuk berburu Keong ini. Jika sawah satu habis keongnya maka pindah ke sawah sebelahnya begitu seterusnya. Bagi pemilik sawah datangnya para pemburu keong ini justru menguntungkan petani. Selan tanahnya gembur karena dinjak-injak juga bias mengurangi hama padi berupa keong ini.
Bagi warga pemburu Keong kegiatan ini sebagai refresing dari kesibukan sehari-hari. Biasanya mereka saharian bekerja ,entah sebagai kuli bangunan,buruh mebel dan pekerjaan lainnya. Sehingga berburu Keong ini menjadi hiburan tersendiri baginya. Sehingga tidak mengherankan yang terjun ke persawahan tidak hanya laki-laki saja . Banyak ibu-ibu yang turun ke sawah untuk berburu keong sawah ini.
Tradisi berburu keong sawah ini bagi pemerintahan desa di sekitar sawah bias dijadikan event wisata yang mendatangkan pengunjung yaitu dengan menggelar lomba berburu keong . Setiap peserta yang mendapatkan keong dengan jumlah terbanyak maka ia sebagai pemenangnya.